Text
buku pelajaran bahasa indonesia SD
Pengajaran bahasa Indonesia (BI) sarana utama pengembangan penalaran, keterampilan berbahasa anak? Dengan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, sarana ini, terbuka luas peluang anak dan Keterampilan Berkomunikasi Anak atau siswa untuk berprestasi di bidang akademik, interaksi sosial, dan seleksi budaya. Pertanyaan selanjutnya, apakah pengajaran Bl yang benar dan baik itu? Pengajaran Bl yang benar ialah pengajaran yang materinya sesuai Sumardi dengan acuan: (1) kurikulum, dan (2) substansi ilmu-ilmu yang relevan, seperti ilmu pendidikan, psikologi, sosiologi-bahasa, ilmu bahasa, dan ilmu sastra. Pengajaran Bl yang baik ialah pengajaran yang materinya sesuai dengan kebutuhan-bahasa anak dan penyajiannya menarik, mudah dimengerti, serta sesuai dengan kematangan jiwa dan minat anak.rnrnUntuk mengembangkan pengajaran Bl yang benar dan baik itu, faktor buku pelajaran sangat menentukan. Cunningsworth, 1995, ahli pengajaran bahasa dari Inggris mengatakan, faktor yang paling berpengaruh dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa ialah buku pelajaran bahasa. Oleh karena itu, buku yang merupakan adaptasi disertasi S3 ini membuka rahasia bagaimana mempelajari. memilih, menggunakan, dan menyusun buku pelajaran Bl untuk SD yang benar dan baik.rnrnMelihat fungsinya yang multiguna itu, buku ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh mahasiswa jurusan bahasa, guru SD. orang tua (sebagai mitra belajar putranya di rumah), pakar kurikulum, perbukuan, pengujian, dan penulis, serta administrator pendidikan.
BPBISD-001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain