Text
MANAJEMEN PERUSAHAAN KOPERASI
Ada dua jenis pasar yang harus dilayani perusahaan koperasi, yakni pasar internalrnbagi anggota, dan pasar eksternal bagi nonanggota Manajemen pemasaran di pasarrninternal berbeda dengan pasar skaternal karena anggota adalah pemilik perusaharnkoperasi Dua jenis pasar ini juga membawa dampak pada sumberpendapatan perusahaanrnkoperas Perbedaan sumber pendapatan dan tujuan antara perusahaan koperasi danrnkorporasi mengharuskan perhitungan Kinerja keuangan dan alokasi surplus yang berbedarnpuls Perusahaan Koperasi juga dihadapkan pada pengelolaan dua jenis sumber dayarnerusahaan koperasi merupakan bagian dan sistem ekonomi koperasi yang didirikan oleh anggota dan berkewajiban meningkatkan usaha anggotanya Perusahaan koperasi bukanlah perusahaan yang murni berorientasi profit (profit oriented seperti halnya korporas, melainkan perusahaan yang berorientasi pelayanan service oriented yaitu memaksimalkan pelayanan kepada anggota guna mencapai kemajuan usaha anggota Konsep ini mengharuskan pengelolaan perusahaan koperasi berbeda dengan perusahaan korporas, terutama dalam aspek pemasaran, sumber days manusia, dan keuanganrnmanusia yakni anggota dan karyawan Perbedaan perbedaan tersebut membuat manajemen perusahaan koperasi lebi kompleks dibanding manajemen korporas, dan Anda akan menemukan jawabannya padarnbuku ini
MPKO-001 | Tersedia | ||
MPKO-002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain