Text
Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan, Dan Perpustakaan
Secara keilmuan, manajemen pengetahuan merupakan topik yang menarik untuk dikaji, terutama jika sudah dilihat dari aspek praksisnya dan implementasinya di berbagai organisasi dan atau lembaga perusahaan yang mendudukkan pengetahuan sebagai faktor dominan untuk pengembangan organisasi dan anggota anggotanya. Di kelembagaan pendidikan, terutama di tingkat pendidikan tinggi, misalnya, langsung maupun tidak langsung, aspek praktik manajemen pengetahuan terlibat di dalamnya. Kegiatan pembelajaran terprogram, diskusi terstruktur, sharing informasi terjadwal, dan kegiatan pembelajaran lainnya yang terjadwal di dalam kelas dan di luar kelas, adalah contohnya. Praktik praktik manajemen pengetahuan di lingkungan pendidikan tinggi tampak jelas dalam bentuk pembelajaran di hampir setiap ruang kelas dan ruang ruang akademik lainnya seperti di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel kerja, dan di pusat sumber belajar bersama. Di ranah manajerial pun tampak lebih mengedepankan diskusi, rapat, presentasi, focus group discussion, dan brainstorming dalam rangka pengam bilan suatu keputusan organisasi.
PMPI-001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain