Text
Pengembangan Model Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan
Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyelesaikan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang kemudian dikukuhkan menjadi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Nomor 24 Tahun 2006 tentang ketentuan pelaksanaannyarnrnStandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan tersebut kemudian menjadi acuan dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jadi, saat ini, kurikulum tidak lagi disusun oleh Pusat Kurikulum. Setiap sekolah (satuan pendidikan) harus menyusun kurikulum sendiri. Setiap satuan pendidikan dasar dan menengah diberi kebebasan untuk mengembangkan dan menetapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan.rnrnMenyadari akan hal tersebut dan dalam rangka ikut serta mempercepat sosialisasi KTSP ke tingkat sekolah/madrasah, maka buku yang berusaha memberikan wawasan baru terhadap para pengelola dan pelaksana pendidikan di lapangan, kehadirannya patut menjadi pegangan, terutama dalam menyusun dan mengembangkan model KTSP di sekolah/madrasah.rnrnBuku ini di samping membicarakan persoalan-persoalan yang bersifat praktis operasional untuk memfasilitasi para kepala sekolah/madrasah, guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam pengembangan KTSP, juga mengemukakan landasan-landasan konseptual dan teoretik dalam pengembangan kurikulum tersebut, sehingga apa yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, teknologik dan etis.rnrnKarena itu, buku ini sangat cocok untuk dibaca dan dipelajari oleh para Rkepala sekolah/madrasah, para pendidik/guru, dan tenaga kependidikan ainnya, serta para dosen dan mahasiswa yang menekuni bidang studi (mata uliah) Pengembangan Kurikulum "Kapita Selekta Pendidikan
Kurikulum Pendidikan | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain