Text
Konsep Dasar Bimbingan Kelompok
Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah dari satuan tingkat sekolah dasar hingga pergu ruan tinggi dewasa ini semakin dibutuhkan. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengeta huan dan teknologi, berbagai persoalan pun muncul dengan segala kompleksitasnya. Dunia pendidikan tam paknya belum sepenuhnya mampu menjawab berbagai persoalan akibat perkembangan IPTEK, indikasinya adalah muncul berbagai penyimpangan perilaku di kalangan peserta didik yang seyogianya tidak dilakukan oleh seorang atau orang yang disebut terdidik. Selain itu, potensi siswa sebagai individu seperti bakat, minat, cita cita dan lain sebagainya juga belum terkembangkan dan tersalurkan secara optimal melalui proses pendidikan dan pembelajaran di kelas.
Guna memecahkan persoalan di atas, proses pendidikan dan pembelajaran perlu bersinergi dengan pelayanan bimbingan dan konseling. Optimalisasi pelayanan bim bingan dan konseling di sekolah dan madrasah perlu dilakukan, sehingga pelayanan bimbingan dan konseling kepada para siswa benar-benar memberikan konstribusi pada upaya pencapaian tujuan. Optimalisasi pelayanan bimbingan dan konseling tersebut perlu didukung sumber daya manusia (tenaga pendidik) yang memadai, dalam arti memiliki pengetahuan serta wawasan tentang bimbingan dan konseling terutama tentang bimbingan kelompok dan konseling kelompok.
KDB-001 | 371 HAR k | My Library (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain