Text
Kebijakan Pendidikan
Pendidikan adalah laksana sebuah instrumen yang tidak pernah selesai, selalu ada dinamika perubahan yang terjadi, sehingga memerlukan kehati-hatian dalam mengambil kebijakan. Apabila salah dalam pengambilan kebijakan, maka akibatnya akan sangat fatal.
Banyak hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam konteks kebijakan pendidikan, dari berbagai produk perundang-undangan sampai upaya-upaya inovatif yang dilakukan, namun dikarenakan sering tidak konsisten dengan kebijakannya, kondisi pendidikan seolah jalan di tempat, dan sering menerima tudingan akan kegagalannya. Istilah yang paling sering didengar adalah ganti menten maka ganti kebijakan. Bangsa ini seolah belum punya visi yang jelas, untuk ke mana pendidikan ini di bawa, maka ketika pemerintahan berganti, pendidikan pun seolah harus mengikuti kehendak dan kemauan pemerintahan yang berkuasa saat itu.
Pendidikan yang merupakan investasi jangka panjang akan selalu menarik untuk dibicarakan dan didiskusikan, dia tidak saja merupakan faktor penentu dari kemajuan sebuah masyarakat bahkan negara, tapi sekaligus merupakan tantangan bagi pengambil kebijakan, Bagi pengambil kebijakan seperti legislatif atau eksekutif, investasi pendidikan ini terkadang kurang menarik, sebab tidak menguntungkan secara jangka pendek, apalagi untuk kepentingan pribadi, dibandingkan dengan investasi bidang lain, lebih-lebih yang bersifat proyek
Kebijakan pembangunan pendidikan harus dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan keilmuan dan kualitas hidupnya, material dan spintualnya, sehingga pada akhimya masyarakat dapat keluar dari semua problema kehidupannya berupa kebodohan, keterbelakangan, dan kemiskinan Dengan demikian, di samping dapat meningkatkan taraf hidupnya, mereka juga dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di era global ini, dan bukan sesuatu yang tidak mungkin mereka akan menjadi aktor perekayasa masa depan
KEPEN-002 | 332.1 HAS b c2 | My Library (300) | Tersedia |
KEPEN-003 | 332.1 HAS b c3 | My Library (300) | Tersedia |
KEPEN-001 | 332.1 HAS b c1 | My Library (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain