Text
Lingkungan Kerja Dan Kinerja Guru
Membahas tentang guru adalah sama dengan membuka Intisari tentang pendidikan, yang di dalamnya banyak berisi tentang jiwa, karakter, kecerdasan, dan keteladanan. Secara harfiyah (kehurufan), guru adalah orang yang lebih dahulu dilahirkan daripada murid (anak yang diajar), sehingga orang Jepang menyebut guru sebagai sensei (%), bacaan 'onyomi, E. Simbol huruf kanji pertama dalam bacaan kunyomi adalah . saki yang berarti mendahului, sedangkan simbol kanji yang kedua dibaca, umare, atau lahir. Hal ini sangat masuk akal, bahwa anggapan orang Jepang terhadap guru adalah orang yang lahir lebih dulu sehingga lebih pintar, lebih pengalaman, lebih kreatif, lebih bijak, dan lebih-lebih yang lain, sehingga harus sangat dihargai.
Tantangan terbesar pendidikan di abad kedua ini, tidak melulu bagaimana menyiapkan peserta didik sebagai manusia yang siap menghadapi globalisasi. Tapi sejauh mana pendidikan mampu merawat sosok guru sebagai aset bangsa. Sampai saat ini para guru telah disibukkan dengan paradigma pedagosis yang bersifat teknis. Belum lagi cara pandang yang menampilkan nuansa psikologis, alhasil guru kehilangan otonomi pedagogisnya yang paling hakiki untuk melakukan analisa sosial di lingkungan pendidikan.
Sejalan dengan perhatian pemerintah merespon sektor pendidikan, terutama yang bertalian dengan peran guru, dalam situasi berbeda kita masih dapat menyaksikan kondisi guru yang hidupnya belum layak. Sudah saatnya pemerintah berpikir dengan mengajak para guru bagaimana memikirkan nasib mereka. Setiap orang sudah pasti ingin merasakan kepuasan kerja yang normal, namun apakah hanya sebatas administratif dan psikologis saja.
Gagasan yang ditawarkan dalam buku ini adalah bahwa guru sebagai pemimpin dalam konsep diri meliputi empat hal, diantaranya, pertama, guru adalah pemimpin bagi peserta didiknya untuk berprestasi, kedua, guru sebagai pemimpin sejatinya berperan sebagai suri tauladan, ketiga, karakter kepimpinan bagi seorang guru mencakup konteksnya yang terus berubah, dan terakhir, guru sebagai pemimpin yang sukses dalam panggung pendidikan bila ia mampu menciptakan suasana atau lingkungan pendidikan yang humanis dan berkeadilan.
LKDKG-001 | 371.1 BAD i c2 | My Library (300) | Tersedia |
LKDKG-002 | 371.1 BAD i c2 | My Library (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain