Text
Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah
keberhasilan kepala sekolah dalam usaha meningkatkan kontribusi kinerjanya sebagai pengelola didukung oleh kecerdasan emosional, yaitu kemampuan kepala sekolah dalam merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi, dan pengaruh yang manusiawi. Buku ini ditulis berdasarkan penelitian naturalistik kualitatif, yaitu menganalisis taraf penerapan kecerdasan emosional kepala sekolah dalam mengelola sekolah pada empat dimensi yang terdiri atas 17 aspek kecerdasan emosional yang mengungkapkan: 1) penerapan kecerdasan emosional oleh kepala sekolah pada aspek intensional, intuisi, dan integritas yang merupakan aspek-aspek pendorong untuk pengembangan kemajuan sekolah, 2) kepala sekolah dalam penerapan kecerdasan emosional pada aspek kreativitas, ketidakpuasan konstruktif, dan sudut pandang, yang merupakan faktor pemacu untuk membuat perubahan, sikap tanggap menghadapi berbagai masalah, 3) penerapan kecerdasan emosional oleh kepala sekolah dalam dimensi situasi saat ini, pemahaman emosional, dan beberapa aspek dari dimensi kemampuan, nilai-nilai dan keyakinan, 4) hasil-hasil kinerja kepala sekolah pada taraf kecerdasan emosional yang diterapkannya diantaranya kesehatan umum kepala sekolah dan kualitas hidup kepala sekolah. Penelitian menyarankan, hendaknya kepala sekolah mengelola sekolah. menyadari pentingnya kecerdasan emosional dalam mengelola sekolah.
KEKKS-001 | 371.2 ROH k c1 | My Library (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain