Text
Nuansa Baru Pendidikan Islam
Berbagai persoalan pendidikan Islam, mulai dari yang bersifat fondasional hingga operasional, rupanya belum terselesaikan dengan baik Kini ia bahkan membuntal menjadi benang kusut yang menyedot perhatian untuk diurai secara rapi dan dapat ditemukan ujung pangkalnya. Dan aspek fondasionalnya misalnya, banyak orang masih mempertanyakan, "Adakah pendidikan Islam? Di mana letak perbedaan antara kajian pendidikan Islam dengan pendidikan pada umumnya? Sejauh mana wilayah kajian pendidikan Islam? Dan seterusnya. Sepanjang benang kusut ini belum terurai, maka sampai kapan pun orang akan menjulukinya dengan pendidikan yang diberi label "Islam belaka, seolah olah tanpa dilandasi pijakan filosofis dan kerangka pikir yang solid Bahkan sementara pihak mencoba mengidentikkan pendidikan Islam dengan upaya Islamisasi sistem pendidikan, sehingga melahirkan sikap pro dan kontra Lebih dari itu, la kadang dijuluki dengan sistem pendidikan yang eksklusif.Dilihat dari segi operasionalnya, sistem pendidikan Islam juga masih mengidap berbagai persoalan yang krusial, sehingga menuntut para pengelolanya untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam melakukan perubahan (change), yang diikuti dengan pertumbuhan (growth) dan pembaharuan atau perbaikan (reform) serta peningkatan secara terus menerus (continuity) untuk dibawa ke arah yang lebih ideal. Dari mana perubahan itu dimulai dan aspek-aspek mana yang perlu diinovasi agaknya memerlukan penyikapan yang arif agar tidak terjebak pada lingkaran setan.
NBPI-002 | 297.73 MUH n | My Library (200) | Tersedia |
NBPI-001 | 297.73 MUH n | My Library (200) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain